Kamis, 12 Februari 2015

PRIBADI YANG UNIK

Columbus, 19 Januari 2015

Di beberapa kesempatan, beberapa teman sering bertanya kepada saya, “hey, gimana nilaimu, tugasmu? Ide kamu gimana?” Teman saya mengajukan pertanyaan tersebut dengan tujuan untuk mengetahui apakah saya sudah selesai mengerjakan atau belum, apakah nilai saya lebih tinggi dari nilai dia, dan banyak lagi alasan yang ingin mengetahui apa yang sedang orang lain lakukan.

Saya ingin menceritakan bahwa dalam belajar, akan lebih baik jika kita fokus terhadap apa yang ingin kita pelajari dan kita tekuni. Kita tidak akan pernah berhasil jika kita tidak fokus akan apa yang ingin kita pelajari. Dulu, ketika saya baru lulus S1, saya memutuskan untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Waktu yang saya perlukan untuk mewujudkan cita-cita saya tidaklah singkat. Ketika saya masih harus berproses dengan bahasa dan proses mendaftar beasiswa, teman-teman saya yang lain sudah hampir lulus S2. Jika pada waktu itu saya sibuk dengan melihat keberhasilan teman saya, maka besar kemungkinan bagi saya untuk merasa kecewa, sedih, dan menyesal karena telah memutuskan untuk menempuh perjalanan panjang demi menggapai keinginan yang pada waktu itu belum tentu terwujud. Namun berkat ketekunan dan kerja keras, saya tidak pernah berhenti bersyukur bahwa manajer hidup saya menyetujui permohonan saya untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri.

Begitu pula ketika saya menjalani masa perkuliahan di Amerika. Saya tetap belajar untuk fokus terhadap apa yang ingin saya pelajari. Tidak ada manfaatnya jika kita terus membanding-bandingkan apa yang orang lain peroleh dengan apa yang kita peroleh karena proses yang kita lalui bergantung pada setiap tujuan akhir yang ingin kita capai dan keberhasilan kita ditentukan berdasarkan niat kita mencapai cita-cita kita.


Jadilah pribadi yang unik, yang tidak ada duanya, yang berusaha untuk merajut keinginan dengan semangat yang menggila. Semuanya itu bertujuan supaya kita dapat memahami pentingnya arti belajar di proses kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar