Selasa, 25 Maret 2014

SIKAP ALA INDONESIA 2- Senyum Murah Ramah


Liwet, 15 Maret 2014

Fakta menarik yang saya temui di beberapa kesempatan tentang kesan orang luar negeri terhadap orang Indonesia adalah “orang Indonesia itu ramah”.

Kenyataan bahwa orang Indonesia itu ramah dapat dibuktikan dari beberapa hal yang terjadi di sekeliling kita. Jika ada seseorang yang baru kenal, orang Indonesia akan bertegur sapa untuk memulai perkenalan melalui obrolan ringan. Menanyakan asal, pekerjaan, alamat rumah, dan beberapa hal lain yang terkadang (budaya barat menganggap) terkesan ingin tahu urusan orang lain. Contoh lainnya adalah ketika seseorang berbuat kesalahan, dia akan meminta maaf dengan ekspresi tersenyum, bukan memasang ekspresi sedih atau ekspresi merasa bersalah.  Sadar atau tidak, tipikal orang Indonesia memiliki kecenderungan untuk selalu tersenyum jika melakukan kesalahan. Beberapa beranggapan bahwa ekspresi tersenyum dapat menimbulkan kesan sopan terhadap lawan bicara. Menurut beberapa orang, senyum ketika suasana cenderung ada permasalahan menandakan bahwa kita kurang serius dalam merespon masalah tersebut. Keramahan lain ditunjukkan ketika seorang mahasiswa datang terlambat masuk ke kelas, dia biasanya akan meminta maaf sambil senyum-senyum “maaf bu saya datang terlambat, hehehe”. Akibatnya sang guru pun hanya bisa geleng-geleng kepala. Saya pernah mengamati bahwa seorang mahasiswa yang mau memasuki suatu ruangan pun akan selalu menebar senyum ramah sembari mengucapkan salam selamat datang.


Tidak bisa dipungkiri bahwa sikap ramah itu sudah menjadi hak paten orang Indonesia :)  Coba amati diri anda dan lingkungan sekitar terhadap keramahan yang telah dan yang akan anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar