Senin, 12 Mei 2014

PRESENTASI POWER POINT-KU

Liwet 17 Maret 2014

Ketika duduk di ruang sidang di jurusan, sedikit mengamati beberapa mahasiswa yang kebetulan juga sedang sidang skripsi, saya sempat melihat bagaimana cara menyajikan hasil penelitian dalam bentuk power point. Ternyata meski sudah dalam tahap mau lulus di tingkat perguruan tinggi, tidak sedikit lho yang kurang memahami bagaimana menyajikan hasil laporan dalam slide power point. Dalam kesempatan lain saya juga mengamati bagaimana mahasiswa membuat slide presentasi untuk tugas di kelas yang bisa dikatakan kurang memenuhi standart dalam pembuatan visual. Ada beberapa hal mendasar yang harusnya diketahui tentang bagaimana membuat slide dan mempresentasikannya ke publik. Beberapa hal berikut adalah hal simpel yang dapat membantu ketika ingin mempresentasikan tugas.
KETIKA MEMPRESENTASIKAN
1)      Making a purpose
Membuat tujuan ketika presentasi itu perlu supaya kita dapat fokus tentang hal yang sedang kita kerjakan.
2)      Making a start (2 minutes only)
Bisa dilakukan dengan mengajukan pertanyaan singkat/umum kepada peserta. Tujuannya adalah mengenalkan topik yang akan kita sampaikan dan membawa peserta untuk lebih fokus ketika menerima penjelasannya.
3)      Time management
Seringkali ketika kita diberikan waktu 10 menit untuk presentasi, kita menghabiskan waktu lebih dari itu. Sampai akhirnya tiba-tiba kita diberhentikan secara paksa karena waktu sudah habis. Maka, berlatihlah untuk mempresentasikan materi sesuai dengan waktu yang diminta yang meliputi semua komponen penting yang harus disampaikan.
4)      Membagi presentasi (jika mendapat tugas untuk presentasi yang panjang)
Akan lebih efektif dengan pembagian tugas jika presentasi ditugaskan dalam kelompok.  
5)      Body language (70% of meaning)
Menggerakkan tangan, misalnya, dapat membantu mengurangi rasa gugup. Namun jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan akan terkesan terlalu mencari perhatian peserta tapi tidak mendukung topik presentasi kita.
6)      Question time (Manage questions or they will manage you!)
Buatlah aturan di awal, apakah kita akan memberi kesempatan kepada peserta untuk memotong penjelasan kita ketika sedang menjelaskan atau kita menghendaki semua pertanyaan diajukan di akhir setelah kesimpulan. Jangan lupa juga untuk konsisten terhadap alokasi waktu di sesi tanya jawab.
7)      Putting it all together (in the end, remember your PURPOSE)
Bualtah kesimpulan yang singkat dan jelas. Kaitkan hal tersebut dengan tujuan yang kita miliki untuk mempresentasikan suatu topik.
8)      Eye contact
Buatlah pandangan yang bagus dengan para peserta supaya pesan yang kita sampaikan tercapai. Jangan terlalu lama memandang seseorang atau bahkan saking gugupnya, pandangan kita mengarah ke atas ke bawah tanpa tujuan yang jelas.

KETIKA MEMBUAT TAMPILAN SLIDE POWER POINT
1)      Visual Aids (Bold visuals)
Akan lebih mudah dalam memahami apa yang kita presentasikan dengan menambahkan beberapa gambar yang relevan/mendukung penjelasan kita. Peserta dengan tipe belajar visual akan lebih mudah memahami pesan yang kita sapaikan.
2)      Berikan email/alamat yang bisa dihubungi di slide presentasi
Di akhir slide kita dapat mencantumkan alamat email dengan tujuan bahwa jika waktu untuk bertanya tidak cukup maka pada kesempatan selanjutnya para peserta dapat menguhubungi pembicara untuk follow up pertanyaan maupun jawaban.
3)      Linking the parts (Keep it simple)
Untuk memudahkan peserta memahami apa yang sedang kita sampaikan akan lebih baik jika kita menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang lain. Selain itu pergunakan kata penghubung ketika akan menyampaikan perpindahan topik. Misalnya, setelah selesai menjelaskan inti dan mencapai pada tahap kesimpulan kita dapat menggunakan bahasa “kesimpulan dari penjelasan topik ini adalah...”.
4)      Pilih warna yang sederhana
Beberapa orang berpendapat bahwa warna pada suatu slide tidak lebih dari 3 macam dengan juga tidak menambahkan gambar-gambar yang kurang mendukung topik.
5)      Resource
Tampilkan beberapa literatur yang telah kita gunakan. Jika literatur yang gunakan banyak maka pilihlah literatur yang hanya kita gunakan untuk presentasi.

Beberapa tips diambil dari Academic Presentation Skills (LBI UI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar