Rabu, 28 Mei 2014

MEDICAL CHECK UP




Jakarta, 21 April 2014
Sebagai salah satu syarat untuk kepengurusan visa, semua scholars diwajibkan untuk mengikuti medical check up (MCU). Sebenarnya MCU sendiri bisa dilakukan di beberapa rumah sakit tertentu. Namun karena pihak beasiswa saya telah menunjuk suatu klinik tertentu di Jakarta, maka semua proses MCU saya penuhi di Jakarta selama satu hari.
Saya tiba di Jakarta pada tanggal 20 April dengan tujuan menginap di Pomelotel Hotel, Jakarta Selatan. Besok paginya, dengan berjalan kaki sekitar 15 menit sampailah saya di Medikaloka Jakarta bersama 3 orang teman yang juga akan MCU di hari itu.
Setelah mendaftar di bagian penerimaan, saya dan teman dipersilah kan menunggu beberapa menit untuk selanjutnya dipanggil satu-persatu mengikuti proses MCU. Seperti MCU pada umumnya, masing-masing dari kita diminta untuk mengikuti tes urin, darah, mulut, rongsen dada, mata, berat dan tinggi badan, jantung, dan benjolan payudara untuk perempuan. Serangkaian proses tersebut memakan waktu sekitar kurang lebih 1,5 jam. Mungkin waktu itu karena ada beberapa pasien lain yang juga antri melakukan proses MCU. Setelah saya memahami, Medikaloka memang dutunjuk dari pihak kedutaan Amerika untuk melalukan proses MCU bagi siapa saja yang akan memasuki Amerika. Tak bisa dipungkiri juga, harga MCU di tempat tersebut juga tergolong mahal.
Setelah dilakukan pengecekan ulang oleh petugas terkait tes apa saja yang sudah diambil, maka saya diberikan kupon makan gratis di salah satu kafe kecil di gedung Saranajaya tersebut. Untuk mengetahui hasil MCU, diperlukan sekitar 2-4 hari kerja. Setelah menunggu selama beberapa hari akhirnya semua dinyatakan lolos untuk dapat mengikuti tahap selanjutnya, yaitu berangkat belajar ke Amerika.

Senangnya……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar