Senin, 02 Juni 2014

Pre-Departure Orientation (PDO)



Puncu, 17 Mei 2014
Pada tanggal 6-7 Mei 2014 tiba saatnya saya mengikuti PDO yang sedikit lebih dekat menuju keberangkatan saya ke US. PDO tersebut dilaksanakan seperti tahun lalu di Hotel Cemara, Jakarta Pusat selama dua hari. Kegiatan yang diadakan sangat seru sih, dengan dua garis besar, yaitu bekal keberangkatan dan sharing bersama alumni tentang pengalaman yang telah didapat.
Hari pertama merupakan hari dimana para scholars diberikan wawasan tentang aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai seorang USAID scholarship PRESTASI program. Tentunya, masing-masing scholar berhak untuk mendapatkan biaya asuransi kesehatan selama di US dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, biaya tiket pergi pulang selama sekali gratis, biaya buku dan seminar, biaya hidup per bulan yang besarnya disesuaikan dengan standar hidup di kota masing-masing. Untuk hal yang tidak boleh dilakukan adalah bekerja dengan mendapatkan gaji. Jika hal tersebut dilanggar maka sebagai konsekuensinya adalah scholars akan dikurangi biaya tinggalnya sebesar gaji yang diterima selama mereka bekerja.
Pada satu kesempatan di sore hari, saya bersama dengan teman-teman menyempatkan diri untuk mencari makan malam di Jalan Jaksa. Daerah yang terkenal dengan tempat tinggal para pendatang (bule) selama beberapa waktu yang relatif singkat. Kami memesan sup ceker ayam dengan segelas es jeruk. Harganya yang lumayan murah dengan rasa yang mak nyuuus.
Selain pemaparan beberapa aturan, masing-masing bidang diwajibkan untuk menampilkan sebuah pertunjukan. Waktu itu bidang saya (education) menampilkan mini drama dengan menggunakan pakaian adat lengkap dari masing-masing daerah. Meski tidak berhasil mendapatkan peringkat pertama, namun saya beserta teman-teman merasa cukup puas karena ada bekal keterampilan yang dapat kita bawa ketika di US nantinya. Ada yang bisa menyanyi, menari, berpuisi, dan memainkan alat musik biola. Keanekaragaman yang saya lihat waktu itu seperti sebuah miniatur kecil yang menggambarkan keragaman bangsa Indonesia yang dapat ditampilkan di kancah internasional. Semoga dengan adanya pertunjukan tersebut, kita dapat menggali potensi masing-masing yang ada pada setiap kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar