Selasa, 18 November 2014

APA?!!!! JURUSAN PGSD???

Columbus,7 Oktober 2014
Saya lahir di sebuah desa kecil di kota Kediri, Jawa Timur, Indonesia. Dari kecil ketika saya ditanya tentang cita-cita, saya menjawab “ingin jadi dokter”. Mungkin, mayoritas anak kecil jika ditanya tentang apa keinginan mereka kelak ketika beranjak dewasa, salah satu jawaban yang kita temukan adalah menjadi seorang dokter.  Setelah mengamati alasan yang diberikan para anak-anak kecil ketika mereka ingin menjadi dokter adalah karena dokter bisa menyembuhkan orang sakit, selain itu seorang dokter juga pada umumnya cantik dan tampan dengan pakaian putih  bersih.

Seiring berjalannya waktu, apa yang saya cita-citakan tidak terwujud. Keinginan saya untuk menjadi seorang dokter, ternyata tidak direstui oleh manager hidup saya. Melainkan saya harus mengambil jurusan yang pada waktu saya mendaftar, para siswa yang baru lulus SMA kurang tertarik. Ya, saya mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di sebuah universitas negeri di Surabaya.
Awal masa kuliah, ketika saya mengikuti sebuah organisasi yang para anggotanya merupakan mahasiswa dari berbagai jurusan, seperti pada umumnya, saya memperkenalkan diri nama dan jurusan saya. Saya hanya ingin menggambarkan bahwa pada umumnya orang akan menunjukka ekspresi yang tidak biasa. Beberapa akan berkata “oh…PGSD’. Di lain kesempatan, ketika saya harus memulai perkenalan dengan mahasiswa yang berbeda universitas, mereka bertanya “ha? apa itu PGSD?”
Sampai pada suatu ketika saya memahami bahwa jurusan yang saya ambil dipandang sebagai jurusan yang kurang keren bagi anak muda, sebuah jurusan yang jadul atau kuno karena dilihat dari segi penampilan, mahasiswa PGSD kalah jauh dibanding mahasiswa dari jurusan Akuntansi atau Seni. Mahasiswa dari jurusan tersebut dengan bebas menggunakan pakaian bagus dan unik (jeans, pakaian yang modelnya eperti sayatan sobek-sobek). Selain itu mereka juga dengan bebas bias mewarnai rambut mereka. Bagi mahasiswa PGSD, pakaian yang dipakai adalah seragam batik, (yang pada umumnya akan terlihat seperti orang yang ingin pergi rapat RT,hehe) dan sepatu pantofel layaknya seorang guru yang mau mengajar, karena memang benar mereka adalah para calon pendidik.
Saat ini, setelah saya lulus dari pendidikan S1, saya mendapat kesempatan untuk melanjutkan S2 saya di Amerika dengan jurusan Elementary Education (PGSD). Ketika ada seorang teman lama yang bertanya tentang kabar saya, saya menjawab bahwa saya saat ini sedang di Amerika. Dengan antusias teman saya bertanya, “kamu di Amerika itu kerja apa gimana?”. Saya menjawab dengan santai “kuliah”. Dia melanjutkan pertanyaan “ambil jurusan apa?”. Saya denga santai menjawab “PGSD”. Spontan dia langsung menjawab “wah, hebat ya, jurusan PGSD bisa sampai Amerika.’’ (Ketika menulis ini saya tidak berhenti tertawa). Saya mulai berpikir, apa yang salah dengan jurusan yang saya ambil? Kenapa banyak orang terkejut ketika saya bilang bahwa saat ini saya sedang belajar di Amerika dengan jurusan keguruan untuk tingkat SD. Mereka selalu meragukan apakah jurusan PGSD ada di Amerika??? Haha, saya menjelaskan bahwa setiap orang memerlukan pendidikan dasar yang didapat dari sekolah dasar. Baik Indonesia, Australia, Jepang, dan bahkan Amerika pun pasti memiliki sekolah dasar untuk para warganya. Mungkin yang selama ini banyak terpikirkan oleh orang Indonesia adalah jurusan yang dapat membawa seseorang kuliah ke luar negeri adalah jurusan yang keren seperti; hokum, dokter, dan ekonomi. Dengan adanya saya di Amerika saat ini, saya mampu menunjukkan kepada semua yang selama ini melihat sebelah mata jurusan keguruan. Ketika kita fokus terhadap apa yang kita kerjakan, apa yang kita cita-citakan mampu terwujud dengan usaha dan doa yang rajin.

Semenjak sekitar tahun 2009, jurusan PGSD merupakan salah satu jurusan terfavorit di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu buktinya adalah banyaknya peminat yang mengambil jurusan tersebut. Semoga, dengan banyaknya minat para calon peserta didik, hal tersebut juga diikuti dengan semakin majunya kualitas para peserta didik. Karena salah satu letak kunci sukses dalam pendidikan adalah kualitas guru yang akan terjun langsung mengajar para siswa di kelas.  

23 komentar:

  1. Hai mbak, saya Kharisma mahasiswa semester 8 Unesa.
    Mbak, di persyaratan USAID PRESTASI tertulis pengalaman kerja minimal 2 tahun.
    Apakah mbak dulu juga kerja dulu? berarti tidak bisa apply langsung setelah lulus mbak?
    terima kasih mbak, sy tunggu balasannya :)

    BalasHapus
  2. Halo Charismatic,

    Pengalaman kerja bisa terhitung ketika misalnya kamu sudah bekerja semenjak masih kuliah.
    Aku dulu juga kerja kq.
    Mungkin kamu juga tertarik untuk apply beasiswa LPDP, setau ku tidak mengharuskan minimal pengelaman kerja. Cek aja di website nya, siapa tau ada update info lagi.

    Tetap semangat,

    BalasHapus
  3. hai mbak, mbak saya mahasiswi s1 PGSD, apakah saya boleh bertanya mengenai kelanjutan studi mbak di luar negeri? kebetulan saya sangat tertarik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga ingin sekali mbk tahu kelanjutan atau lebih dital tentang storynya mbk.. saya juga sangat tertarik dengan kisah mbk..

      Hapus
  4. Klaw buat beasiswa s2 pgsd dmana ya ? siapa tau mbak tau ? bagi infonya ya..

    BalasHapus
  5. saya sangat tertarik dengan kisah mba,...bolehkah saya minta alamat emailnya? saya ingin tau banyak bagaimana cara mendapatkan beasiswa itu...makasih mbak.,..

    BalasHapus
  6. Silahkan mbk, g_wannabe@yahoo.co.id
    Jika ingin melanjutkan studi dengan jurusan PGSD, bisa mendaftar beasiswa untuk bidang Education/Pendidikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah BEASISWA jurusan pgsd s2 membutuhkan sertifikat TOEFL?

      Hapus
  7. bingung mau milih jurusan kuliah , tpi aku juga berminat masuk PGSD, kuliah di jurusan PGSD susah gak kak? hehe

    BalasHapus
  8. dulu ambilnya beasiswa apa mbak? terus kalo di US, program apa yang bisa diambil bagi lulusan PGSD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jurusan yang ditawarkan di universitas di luar negeri sangat beragam. Tergantung kita ingin mempelajari program apa. Silahkan buka link berikut:
      http://indonesiamengglobal.com/2015/12/jurusan-pgsd-go-international/?platform=hootsuite

      Hapus
  9. salam , mbak saya boleh minta contoh Personal satatement atau otivation letternya, kkebetulan saya juga dari PGSD dan ingin melanjutkan s2 dijurusan yang sama..

    BalasHapus
  10. Halo mbak mau bertanya nih, kalo mau daftar beasiswa pgsd kyak mbak dimana yah ?? Ada link nya gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan googling beasiswa PRESTASI dan LPDP

      Hapus
  11. hai mbak maretha, senang sekali bisa ketemu blok ini. saya baru lulus S2 di UM dgn jurusan pendidikan dasar, dan ingin melanjutkan doktoral klw tdk ke australia ya ke singapore, saya butuh saran, mengenai cara belajar di amerika seperti apa? terima kasih mbak

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum, mbak. Saya salut sama mbak. Waktu mbak kuliah s2 ke amerika itu beasiswa atau bukan?

    BalasHapus
  13. mba apakah emailnya masih berlaku? saya ingin bertanya tentang beasiswaa tersebut

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Hallo kak Maretha cerita kakak sangat menginspirasi.

    Perkenalkan kak, Sy Hajrah alumni UNM jurusan PGSD juga. Saat ini sedang tertarik untuk study abroad. Kak, minta emailnya dong kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ka boleh saya meminta email kka juga agar lebih mudah berkimunikasi ?

      Hapus
  16. Halo kak, saya adalah mahasiswa baru prodi PGSD di salah satu perguruan tinggi di jawa barat. Sebelum membaca artikel mba, saya ragu apakah keinginan saya unyuk mendapat beasiswa ke luar negeri dapat terwujud. Namun,semangat saya seketika bangkit saat membaca artikel ini. Karena seperti yang mba katakan, tidak banyak orang tahu jika jurusan PGSD bisa melanjutkan studi di luar negeri. Terima kasih karena telah berbagi cerita dan pengalaman mba kepada kami. Secara tidak langsung, tulisan ini dapat memotivasi banyak otang untuk lebih percaya diri mwnggapai cita-citanya.

    BalasHapus
  17. Seketika semangat saya muncul kembali stlah membaca story mba...., saya gtt d sebuah SD dan saya ingin sekali mlnjutkan s2 pgsd k luar negri......,adakah kiat2 khusus untuk bsa mendptkan beasiswa tsb?
    Trmksh....

    BalasHapus