Senin, 14 Oktober 2013

PENGUMUMAN USAID PRESTASI

Akhirnya, setelah beberapa hari sempat menunggu dengan rasa sedikit berdebar-debar, saya dinyatakan lolos beasiswa USAID PRESTASI dari pemerintahan Amerika melalui IIEF (Indonesia International Education Foundation). Meski banyak teman mengatakan bahwa saya pasti lolos, tapi saya memutuskan untuk tidak mempercayai sebelum semuanya benar-benar dibuktikan.
                Jumat 20 September 2013, sore hari itu ada seorang teman dosen dari Aceh kirim WA untuk memberikan selamat bahwa saya diterima di beasiswa PRESTASI. Saya cuma bisa senyum-senyum aja di kamar kost waktu itu, karena kalau meloncat kegirangan takut bakal menganggu anak kost yang lain. Langsung juga saya mengabarkan kabar berita ini ke Ibu, Bapak, dan kakak yang ada di rumah setelah saya download pengumuman resminya di website IIEF. Mendengar berita ini, mereka semua langsung memberikan selamat kepada saya dengan rasa bangga.
                Saya hanya ingin mengucapkan terimakasih kepada keluarga karena telah memberikan kepercayaan kepada saya selama ini untuk melanjutkan belajar ke luar negeri. Meski memerlukan waktu yang lumayan panjang, atas restu mereka semuanya dapat terlewati dengan rasa sabar yang luar biasa. Doa dari orang tua yang tidak pernah putus, nasehat yang selalu diberikan, serta motivasi yang senantiasa mengalir mengiringi perjuangan saya untuk saya terus maju sampai detik ini. Saya sadar saya tidak berarti tanpa mereka dan saya sealu membutuhkan dukungan mereka.
                Secara pribadi saya sungguh merasa bersyukur karena perjuangan selama ini membuahkan hasil. Dari beberapa beasiswa yang saya sudah apply semenjak tahun 2012, akhirnya dua diantaranya saya berhasil diterima, salah satunya adalah beasiswa PRESTASI ini. Meski pengumuman di salah satu beasiswa sebelumnya telah saya ketahui, saya lebih memilih beasiswa dari USAID PRESTASI ini karena beberapa alasan.
                Beasiswa PRESTASI memberikan beberapa manfaat untuk menunjang studi saya di luar negeri. Sejauh yang saya ketahui, beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang akan mengcover beberapa biaya yang saya perlukan untuk sekolah diantaranya, biaya SPP, asuransi kesehatan, biaya hidup, dan mungkin beberapa tambahan yang belum saya ketahui. Semoga ada yang lain-lain sebagai tambahannya ya. Di samping itu, masalah keuangan juga mendominasi kenapa saya memilih beasiswa ini. Sebagai seorang anak yang dibesarkan dari keluarga yang sederhana, belajar ke luar negeri merupakan mimpi yang besar dan membutuhkan biaya yang besar pula. Mungkin bagi anak yang dibesarkan dari keluarga yang berkecukupan akan sangat mudah untuk belajar ke luar negeri. Namun saya tetap optimis, ketika ada tekad dan restu dari orang tua, pasti jalan itu terbuka.
Dalam waktu dekat ini saya akan menuju ke Jakarta untuk mengikuti beberapa training dan tes yang telah dipersiapkan oleh pihak panitia beasiswa, semoga semuanya lancar dan dapat saya lalui tanpa ada hambatan apapun. Semoga saya dapat mempersiapkan keberangkatan dan memilih kampus yang tepat untuk belajar bidang saya dan memberikan kontribusi ke Indonesia.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Haloo kak. Aku mahasiswi S1 pgsd unj. Aku sangat tertarik dengan cerita2 kaka ttg kuliah di LN jurusan education for elementry :) aku boelh minta kontak kaka? Aku mau tanya2 cara dapat beasiswa prestasi ka. Makasih ka, salam kenal :)

    BalasHapus