Senin, 14 Oktober 2013

PROSES PENULISAN STATEMENT OF PURPOSE DAN STUDY OBJECTIVE

Jakarta 10 Oktober 2013, LBI Salemba UI.
                          Belajar menulis statement of purposes dan study objective memang memerlukan ketelitian dan kemampuan analisa serta research skill yang baik. Hal tersebut diperlukan karena apa yang kita tulis dalam dua poin tersebut memberitahukan kepada pembaca dengan jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami untuk menyampaikan tujuan keinginan kita.
                          Mendengarkan penjelasan dari seorang tentor di Lembaga Bahasa Internasional Universitas Indonesia membuat tentang penulisan statement of purposes dan study objective membuat saya mengerti bahwa pola berpikir kita harus jelas ketika kita ingin menyampaikan suatu ide baik berupa plisan maupun non lisan. Sebaiknya harus dimulai dengan membuat ide, outline, draft, menulis dan yang terakhir adalah proses pengeditan. Bagian terakhir merupakan bagian yang sering kali terlewatkan ketika menulis statement of purposes dan study objective. Kenyatannya hal tersebut merupakan hal yang sangat penting sebelum kita mulai mengirimkan ke universitas yang ingin kita daftar.
                          Sungguh pengalaman berharga karena untuk kesekian kali saya boleh bertemu dengan orang-orang hebat di masa mendatang. Bersama mereka saya dibantu dan mendapatkan inspirasi serta belajar bersama untuk mendapatkan visi di hidup kami masing-masing. Tentunya apa yang kami pelajari sekarang ini dapat bermanfaat bagi Indonesia kelak. Tidak terlepas dari itu semua, saya sedang berproses tentang bagaimana cara berpikir yang tepat., bagaimana mengambil keputusan, serta berlatih untuk menetapkan tujuan ketika banyak godaan yang datang menghampiri.
                          Ketika saya belajar untuk berpikir yang tepat saya banyak mempelajarinya dari cara menulis statement of purposes dan study objective. Sebelumnya saya merasa bahwa cara saya ingin mengungkapkan sesuatu itu banyak berputar-putar namun seiring dengan berproses tentang bagaimana cara menulis yang baik, saya semakin yakin bahwa kemampuan berpikir saya lebih baik dibanding dengan sebelumnya.
                Semoga melalui proses belajar bahasa asing ini saya dapat menularkannya kepada orang sekitar. Yang pasti, ketika ingin menyampaikan suatu ide, saya memulainya dengan membuat outline yang kemudian disusul dengan menuliskannya dengan runtut. Jika ingin mengungkapkan ide tersebut secara lisan gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar