Rabu, 30 Oktober 2013

PIHAK PALING TEPAT MENGENAI BEASISWA



Jakarta 30 Oktober 2013

               
Terpilih sebagai salah satu peserta di beasiswa USAID PRESTASI merupakan salah satu hal yang membanggakan bagi sebagian orang, seperti halnya saya. Beberapa waktu lalu salah seorang professor dari universitas negeri di Surabaya bertanya kepada saya, kenapa tidak mendaftar beasiswa yang didanai dari pemerintah US langsung kok malah mendaftar beasiswa dari pemerintah Indonesia? Karena menurut beberapa orang, sistem pendanaan beasiswa dari pemerintah Indonesia sedikit lebih sulit. Artinya, dana beasiswa tidak bisa dijamin akan cair per bulan, mungkin bisa setiap tiga atau enam bulan sekali. Waktu itu saya menjawab, karena saya belum diterima di beasiswa dari pemerintah US. Ternyata, setelah menunggu beberapa bulan, pengumuman yang menyatakan bahwa saya diterima di beasiswa USAID PRESTASI.
                Setelah melewati beberapa proses acara, hari ini saya bertemu dengan salah satu perwakilan dari IIE yang berpusat di Washington DC, U.S., Susan. Dari percakapan yang telah dilakukan, saya tahu bahwa saya sedang berada di tangan yang tepat untuk mengukir masa depan saya. Semua aplikasi diurus oleh IIF. Mereka juga membantu menempatkan saya untuk belajar di universitas yang tepat sesuai dengan topik yang saya ingin pelajari di graduate study. IIE adalah pihak yang professional dalam menangani aplikasi. Terbukti dengan pengalaman mereka yang telah menangani sekitar 25.000 aplikan yang ingin melanjutkan belajar di US. Selain itu, banyak pihak yang telah mengetahui kredibilitas IIE. Dengan kata lain, tidak ada hal yang perlu diragukan lagi untuk menyerahkan semua proses aplikasi ke US ke pihak IIE. Jika Anda para pembaca suatu saat nanti diberi kesempatan untuk bekerjasama dengan IIE terkait urusan beasiswa, Anda patut bersyukur karena tidak semua orang mendapat kesempatan tersebut. Ada sebagian dari mereka yang memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa namun tidak bisa mendapatkannya karena beberapa kendala seperti kesulitan mendapat rekomendasi atau nilai bahasa yang kurang. Namun yang terpenting adalah berusaha dengan seoptimal mungkin untuk menggapai cita-cita kita dan jika ada kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mewujudkan visi dan misi Anda dengan jalan yang sesuai aturan.
                Apa yang perlu saya lakukan sekarang adalah mengikuti semua proses yang diminta. Misalnya, saat ini saya harus menyelesaikan membuat study objective dan personal statement sebagai salah satu persyaratan mutlak untuk mendaftar sekolah di US. Study objective merupakan tulisan singkat yang menyatakan keingininan kita untuk mempelajari program di universitas tertententu di US. Sedangkan personal statement merupakan tulisan singkat yang menjelaskan bahwa kita memiliki motivasi dan goal tentang apa yang akan kita capai selama dan setelah belajar di US, intinya, lebih spesifik ditujukan kepada keinginan kita mengambil suatu program dengan menggunakan bahasa yang sedikit agak informal.
                Singkatnya, sejauh ini saya sedang mempersiapkan sebuah misi dalam dunia pendidikan karena dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang penting untuk perkembangan bangsa Indonesia. Ada yang mau join? J

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. wah mari semangat
    mari kita pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.
    @kadekdoi

    BalasHapus