Senin, 14 Oktober 2013

PENCARIAN POTENSIAL KANDIDAT DI USAID PRESTASI


                Merupakan suatu pengalaman yang berharga buat saya karena terpanggil untuk mengikuti seleksi wawancara dari sebuah beasiswa bergengsi dari pemerintah U.S., yaitu UASID PRESTASI.

                Segala persiapan telah saya buat menjelang wawancara yang dilaksanakan di Grand Palace Hotel, Yogyakarta. Waktu itu, Jumat 23 Agustus 2013 saya datang di hotel dengan berpakaian batik. Sempat sedikit ribet untuk memesan taksi di Yogyakarta karena dari jadwal yang telah ditentukan yaitu jam 2 siang ternyata pihak panitia mengajukan lebih awal menjadi pukul 10.30 WIB. Namun akhirnya semua kendala dapat teratasi berkat keramahan pak sopir taksi yang bersedia mengantar dan menjemput.

                Setelah menunggu beberapa saat akhirnya salah seorang panitia PRESTASI mempersilahkan saya untuk masuk. Waktu itu saya sempat merasa gugup karena ini baru pertama kali saya berhasil memasuki tahap wawancara di PRESTASI. Seorang penginterview mempersilahkan saya untuk memperkenalkan diri. Sayapun memulainya dengan menyebutkan nama dan asala institusi. Sungguh tidak disangka, respon mereka sangat positif di awal karena menilai bahwa saya memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup bagus. Kemudian saya menjelaskan bahwa ini semua berkat kerja keras saya karena telah mengikuti kursus bahasa di sana sini.

                Satu persatu penginterview mengajukan pertanyaan tentang dunia pendidikan kepada saya. Sayapun secara perlahan dan pasti berusaha untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Yang pasti, tidak ada rekayasa jawaban karena salah satu kunci keberhasilan ketika wawancara adalah kejujuran.

                Di akhir kesempatan wawancara, salah seorang penginterview ternyata merespon positif tentang topik riset yang ingin saya pelajari lebih lanjut jika saya berhasil lolos beasiswa PRESTASI dan melanjutkan studi saya. Saya ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa usia sekolah dasar dalam semua mata pelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya mereka tidak hanya menerima apa yang telah guru ajarkan di kelas melainkan ada suatu timbal balik berupa sikap aktif di dalam sebuah pembelajaran.

                Satu hal yang sangat menarik dalam beasiswa ini adalah panitia mencari kandidat-kandidat yang memiliki potensi dan keinginan untuk berkembang tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk sekitarnya. Mereka juga ingin mengetahui seberapa besar keinginan kita untuk memperdalam bidang keilmuan yang akan dipeajari dan dikembangkan untuk Indonesia.

                Bagi para teman-teman yang ingin mendaftar beasiswa untuk studi lanjut, persiapkan diri baik-baik dan teruslah berusaha sampai kalian semua mendapatkan visi menjadi kenyataan. Tetap semangat!

4 komentar:

  1. Tulisannya sangat menginspirasi mbak.

    Terutama utk pencari beasiswa seperti saya. Salam :)

    BalasHapus
  2. Halo Ratna, terimakasih ya. Semangat dalam mewujudkan cita-cita. Mimpimu yang akan membawa kamu kemana kamu berada.

    BalasHapus
  3. Halo mbak Maretha. Pekenalkan nama saya Destari

    Saya tengah mencari informasi untuk beasiswa PRESTASI USAID dan menemukan blog ini. Jika boleh apa saya boleh meminta kontak emailnya mbak? Karena ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Terima kasih :)

    BalasHapus
  4. Sangat menginspirasi mbak. Terima kasih sharingnya. Semoga saya akan menjadi salah satu awardee dr USAID kedepan

    BalasHapus